Kutawaringin Kawasan Olahraga Terpadu


Headline

Jl. Raya Soreang-Cipatik KM. 5,8
Email: kutawaringin@gmail.com
Phone/Fax: +62 22 85873789

Kutawaringin

02 April 2010

SEBUAH TEROBOSAN UNTUK NEGERI !

SEBUAH TEROBOSAN UNTUK NEGERI
Software Birokrasi Maya v1.0 memuat informasi tentang biodata penduduk yang bermukim dalam wilayah Desa / Kelurahan. Informasi tersebut disimpan sebagai arsip desa berupa data penduduk. Kebanyakan arsip-arsip tersebut saat ini masih dikerjakan secara manual dan tersusun dalam kumpulan buku yang banyak.

Dalam banyak hal, terkadang pemerintahan Desa / Kelurahan memerlukan data tersebut untuk menentukan kebijakan pembangunan wilayahnya. Untuk kasus semacam ini, aparat yang bersangkutan akhirnya terpaksa harus melakukan peninjauan ulang terhadap berkas desa dan memerlukan waktu yang cukup lama untuk memperoleh data yang cukup akurat. Dampak dari hal tersebut adalah kinerja pemerintahan desa / kelurahan belum bisa mencapai level yang diharapkan.

Dari sudut pandang yang lain, perkembangan ilmu pengetahuan khususnya Teknologi Informasi telah mengakomodasikan banyak kemudahan. Sayangnya, penerapan teknologinya masih belum merata. Hal ini masih diperparah dengan kurangnya kualifikasi sumber daya manusia di Instansi Pemerintahan Desa / Kelurahan. Selain itu, terdapat asumsi yang tidak tepat, bahwa Implementasi Komputerisasi untuk Desa / Kelurahan adalah suatu yang sulit dipelajari dan merepotkan. Padahal, dengan penerapan yang tepat, komputerisasi akan amat bermanfaat dalam menunjang peningkatan kinerja pemerintahan Desa / Kelurahan.

Dalam kurun beberapa tahun terakhir ini, pemerintah telah menetapkan beberapa undang-undang dan peraturan yang terkait dengan ketertiban administrasi data kependudukan. Implementasinya, di beberapa daerah telah dikembangkan aplikasi SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan). Namun, aplikasi SIAK ini masih terbatas penerapannya hingga tingkat kecamatan. Sementara untuk tingkat desa / kelurahan, aplikasi khusus untuk administrasi kependudukan belum tersedia secara spesifik.

Atas dasar latar belakang tersebut, Tim kami mengembangkan aplikasi database yaitu Software Birokrasi Maya v1.0 Software tersebut telah diupayakan sedemikian rupa untuk mengikuti format aturan data baku kependudukan yang baru, sesuai dengan format data yang ditetapkan oleh pemerintah tentang Sistem Informasi Administrasi Kependudukan. Dengan aplikasi ini, Pemerintahan Desa / Kelurahan dapat mendata dan memantau setiap perubahan data penduduk secara cepat dan efektif.

Aplikasi Database Software Birokrasi Maya v1.0 ini tersedia untuk melakukan perekaman data penduduk, baik yang baru lahir, yang berdomisili, hingga yang telah pindah / mutasi, maupun yang telah meninggal dunia. Selain itu, Software Birokrasi Maya v1.0 tersebut juga telah kami lengkapi dengan administrasi pengurusan dokumen (surat-menyurat) yang selama ini masih ditangani secara manual.
Program ini telah dirancang untuk memudahkan user dalam mengisikan data secara cepat, sehingga dengan SDM petugas yang bersangkutan dapat mempelajari, beradaptasi dan mengoperasikannya tanpa banyak kesulitan. Data-data penduduk yang telah terekam di komputer dapat diolah secara cepat untuk menampilkan data-data agregat dan informasi statistik kependudukan berdasarkan kategori tertentu. Perangkat keras (hardware) yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi ini juga tidak harus memiliki spesifikasi yang tinggi dan mahal.

Software Birokrasi Maya v1.0 ini juga dilengkapi dengan form pencarian penduduk, pekerjaan, informasi lowongan kerja sampai bisa mengetahui silsilah penduduk dalam satu desa sebagai program unggulan di Software Birokrasi Maya v1.0 ini.

TARGET DAN TUJUAN
TARGET:
Target pengguna Software Birokrasi Maya v1.0 adalah Pemerintah tingkat Desa/Kelurahan.

TUJUAN:
Tujuan penggunaan Software Birokrasi Maya v1.0 antara lain:
1. Mempermudah Pemerintah mulai dari tingkat Desa/Kelurahan hingga tingkat Propinsi dalam hal:
Pendataan penduduk
Sensus penduduk
Pendataan aset desa
Pendataan kekayaan penduduk
Pendataan kekayaan desa
Pendataan kriminalitas penduduk, kenakalan remaja
Mengetahui penduduk miskin (dihitung dari UMR daerah tersebut)
Mengetahui penduduk yang tidak memiliki IMB
Mengetahui penduduk yang bekerja ataupun yang pengangguran
Mengetahui penduduk usia produktif
Pendataan kelahiran penduduk
Pendataan kematian penduduk
Mengetahui silsilah penduduk dalam satu desa
Mengetahui tingkat kelahiran dan tingkat kematian penduduk dalam 1 tahun
dsb.
2. Membantu investor dalam mengetahui informasi potensi-potensi yang ada di Desa tersebut dengan cepat dan akurat.
3. Membantu pelayanan publik dalam hal pembuatan ataupun perpanjangan KTP dan KK.
4. Menyalurkan aspirasi warga dalam rangka ikut membangun Desa, karena disediakan form khusus "KRITIK & SARAN".

CARA MENDAPATKAN SOFTWARE
Anda dapat memeperoleh Software Birokrasi Maya v1.0 secara GRATIS! di: http://birokrasimaya.com

YOUTUBE:
http://www.youtube.com/watch?v=IYoQqL3KX9k

Comments :

0 komentar to “SEBUAH TEROBOSAN UNTUK NEGERI !”

Posting Komentar

Pengikut

Sponsor

 

Copyright © 2009 by Kecamatan Kutawaringin Powered By Blogger Design by ET